Tips menjaga kesehatan kaki

Sabtu, 12 September 2009

Kaki manusia merupakan sebuah mesin biomekanikal yang sangat luar biasa yang perlu kita perhatikan kesehatannya. Rata-rata setiap orang akan berjalan dalam seumur hidupnya seperti mengelilingi bumi ini dua kali. Luar biasa kerja yang dilakukan kaki kita untuk membantu kita melakukan semua aktifitas kita sehari-hari.
Berikut ini adalah tips bagaimana menjaga kaki kita tetap sehat agar dapat terus melakukan bebean pekerjaannya :

* Perhatikan kaki anda secara teratur dan beri perhatian pada perubahan warna, tekstur atau penampakannya.

* Pertahankan hygien kaki anda secara baik, termasuk dengan mencuci dan mengeringkan diantara jari kaki.

* Lembabkan kaki anda. Cuaca panas di Indonesia dan kaki yang tidak mengenakan sepatu berpeluang untuk kehilangan kelembutan dan kelembaban kulit kaki dan dapat mengakibatkan kulit kering dan pecah-pecah. Sangat penting untuk menjaga kelembaban dengan menggunakan krim lotion secara rutin.

* Kenakan ukuran sepatu/sandal yang sesuai dengan ukuran kaki anda. Usahakan membeli sepatu/sendal pada sore/malam hari dimana ukuran kaki mencapai maksimal.

* Jangan abaikan rasa sakit pada kaki. Keluhan yang semakin hebat atau yang tidak kunjung mambaik dalam periode tertentu memerlukan evaluasi oleh dokter ahli tulang anda.

* Potong kuku jari kaki anda lurus dan tidak terlalu dalam. indari pemotongan pinggir kuku lebih dalam agar tidak terjadi pertumbuhan kuku kedalam yang dapat menyebabkan infeksi.

* Olahraga. Berjalan merupakan cara terbaik untuk tetap menjaga kaki anda bugar.

* Keringkan sepatu anda setiap hari. Keringat yang dihasilkan kaki anda akan diserap oleh sepatu setiap harinya. Sangat penting untuk membuat sepatu anda tetap kering.

* Hindari berjalan dengan telanjang kaki untuk menghindari kaki dari resiko cedera dan infeksi.

* Gunakan sunblock pada kaki anda bila mengenakan sandal untuk mencegah kulit terbakar.

Semoga tips-tips ini dapat membantu kita untuk tetap menjaga kesehatan kaki kita. Selain sehat tentunya juga akan membuat kaki kita terasa segar setiap saat dan tidak menganggu orang-orang disekitar kita tentunya...

Sumber : tanyadokter.com

Artikel yang Berhubungan



0 Komentar:

Posting Komentar